NIM : 133145387
KELAS : J
D4 BIDAN PENDIDIK
MEGA REZKY MAKASSAR
TUGAS MID ( EVALUASI PENDIDIKAN ) D4 BIDAN PENDIDIKAN
SOAL PILIHAN GANDA
1.
Pengertian komunitas adalah…
a. Bentuk
pelayanan yang dilakukan dalam mengolah seluruh aspek kesahatan masyarakat
b.
Bidan
yang bekerja di masyarakat
c. Cara
melihat sesuatu fenomena disiplin profesi
d. Penerapan
konsep atau teori kebidanan
2.
Dibawah ini adalah filosofi kebidanan
komunitas,yaitu…
a.
Bidan
komuniti adalah bidan yang bekerja di rumah klinik dan masyarakat
b. Kehamilan
dan persalinan bersal dari masyrakat dan ada di masyrakat
c. Mempertahankan
dan meningkatkan kesehatan masyrakat
d. Asuhan
persalinan normal
a. Pencegahan
b. Scerining
c. Pengobatan
d.
Continuity
of care
4.
Tujuan asuhan kebidanan komintas adalah
a.
Kepuasan
ibu,keluarga dan bidan
b. Continuity
of care
c. Asuhan
kepada masyarakat
d. Menentukan
kebutuhan kesehatan
5.
Dibawah ini yang bukan merupakan bentuk
pelayan kebidanan kominitas adalah…
a. Pemeriksaan
kesehatan calon ibu
b. Pemeriksaan
kesehatan lanjut usia
c. Pelayanan
intranatal
d.
Pelayanan
pos natal
6.
Segala aktifitas yang dilakukan oleh
bidan untuk menyelamatkan pasienya dari gangguan kesehatan merupakan pengertian
dari…
a. Bidan
komunitas
b. Pelyanan
kebidanan komunitas
c. Peran
fugsi bidan dikomunitas
d.
Sasaran
pelayanan kebidanan komunitas
7.
Berikut ini bukan merupakan langkah pembinaan PSM adalah…
a. Survey
dimasyrakat
b.
Pertemuan
tingkat desa
c. Masyrakat
desa atas dukungan pmerintah
d. Musywarah
masyarakat desa
8.
Tolak ukur keberhasilan PSM adalah..
a. Meningkatkan
kesadaran masyarakat
b. Meningkatkan
kemampuan pengorganisasian oleh masyarakat
c.
Meningkatkan
jumalah masyrakat dating ke posyandu
d. Meningkatkan
jumlah kader
9.
PSM merupakan suatu lembaga yang
dibentuk oleh
a.
Swasta
b. Pemerintah
c. Dinas
kesehatan
d. Masyarakat
desa
10.
Strategi pengembangan PSM dilakukan
melalui pendekatan
a. Comunity
organitazion
b.
Community
orienterd
c. Community
orienterd dan preciption
d. Comunty
preciption
11.
Keikut sertaan
individu,keluarga,kelompok masyarakat,disetiap menggerakkan upaya kesehatan
yang juga merupakan tanggung jawab kesehatan diri ,keluarga dan masyarakat
disebut…
a. Kerja
sama Lintas sector
b. Survey
mawas diri
c. Peran
serta masyarakat
d.
PKMD
12.
Serangkain kegiatan masyarakat
melaksanakan atas dasar gotong royong dan swadana dalam rangka menolong diri
sendiri untuk memecahkan masalah disebut.
a. PKMD
b. LKMD
c.
Dasawisma
d.
Survey
mawas diri
13.
Bentuk PSM dipengobatan sederhana
disebut..
a. Polindes
b. Dana
sehat
c. Puskesmas
d.
Pos
obat desa
14.
Asuhan pada 6 hari post partum dapat diberikan
juga pada saat kunjungan nifas ...
a.
2
jam post partum
b. 6-8
jam post partum
c. 2
minggu post partum
d. 6
minggu post partum
15.
Asuhan yang dapat diberikan pada 6
minggu post partum adalah ...
a. Memastikan
involusio uteri berjalan dengan normal
b.
Memastikan
ibu mendapat makanan yang bergizi dan cukup cairan
c. Menjaga
bayi tetap sehat melalui pencegahan hipotermi
d. Menanyakan
penyulit-penyulit yang dialami ibu selama masa nifas
16.
Pemberian ASI pada bayi sebaiknya ...
a.
5-7 menit
b.
1 jam sekali
c. On demand
d.
2 jam sekali
17.
Manfaat ASI bagi bayi antara lain ...
a.
Membantu proses involusio uteri
b.
Keluarga lebih bahagia
c. Tumbuh kembang bayi lebih baik
d.
Menurunkan angka kematian bayi
18.
Bayi yang diberikan ASI, tidak mudah
sakit. Hal ini disebabkan karena ...
a.
Nutrien dalam ASI sesuai dengan
kebutuhan bayi
b. ASI mengandung zat protektif
c.
Mempunyai efek psikologis yang
menguntungkan bagi ibu dan bayi
d.
Mengurangi kejadian karies dentis
19.
Manfaat ASI bagi ibu, ditinjau dari
aspek keluarga berencana adalah ...
a.
Menyusui secara eksklusif dapat
menjarangkan kehamilan
b.
Mengurangi terjadinya karsinoma indung
telur
c. Mencegah terjadinya perdarahan
pasca persalinan
d.
Perasaan bangga
20.
Manfaat ASI menurut Depkes RI antara
lain kecuali…
a.
Perlindungan terhadap penyakit
b.
Mengurangi resiko penyakit jantung dan
diabetes
c. Membantu perkembangan otak
d.
Sangat bermanfaat bagi bayi premature
21.
Air susu ibu yang merupakan cairan
dengan viskositas kental , lengket dan berwarna kekuningan disebut …
a. Kolustrum
b. ASI transisi
c. ASI peralihan
d. ASI matur
22.
Soal ini masih berkaitan dengan soal di
atas (soal no 35). Air susu tersebut disekresikan pada ...
a. Sebelum hamil
b. Selama kehamilan
c. Hari
pertama – ke empat
d. Hari ke empat – ke sepuluh
23.
Sedangkan ASI yang disekresikan mulai
hari kesepuluh yang terus berubah sesuai dengan perkembangan bayi samapi usia 6
bulan disebut…
a. Air
susu matur
b.
Air
susu peralihan
c. Kolostrum
d. Air
susu transisi
24.
Kandungan ASI yang kaya akan lemak dan
nutrisi, sehingga membuat bayi lebih cepat kenyang adalah ...
a. Foremilk
b. Hindmilk
c.
Kolustrum
d. ASI
matur
25.
Bukan termasuk hal yang dapat
mempengaruhi ibu tidak menyusui adalah ...
a.
Kesibukan bekerja atau kesibukan sosial
lainnya, yang menjadikan pola gaya hidup berubah.
b.Ketakutan
kehilangan daya tarik sebagai seorang wanita.
c.
Penyuluhan tentang dukungan dan manfaat
pemberian ASI yang diberikan oleh tenaga kesehatan kurang.
d. Ibu yakin dapat menyusui sampai
minimal sampai usia 6 bulan.
26.
Hal yang dapat mempengaruhi produksi ASI
adalah ...
a. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu
b. Pada saat menyusui, ibu harus dalam
keadaan tenang
c. Perawatan payudara yang baik dapat
merangsang produksi ASI
d. Jawaban
a, b dan c tidak benar
27.
Yang termasuk tanda bayi cukup ASI
yaitu, kecuali…
a.
Bayi
kencing ±6 kali sehari
b.
Bayi menyusu sering setiap 2-3 jam
c.
Bayi bertambah berat badannya rata-rata
100 gram / bulan
d.
Bayi tampak sehat dan aktif
28.
ASI yang dikeluarkan dan disimpan dalam
lemari es dengan suhu 40ºC akan bertahan selama…
a. 6 jam
b.
8 jam
c. 24 jam
d. 6 bulan
29.
Mastitis adalah radang yang terjadi pada
payudara yang disebabkan oleh, kecuali…
a. Mengeluarkan ASI dengan tangan bila
produksi ASI melebihi kebutuhan bayi
b. Payudara yang tidak disusui secara
adekuat
c. BH yang terlalu lekat
d. Putting lecet
30.
Dalam pemberian ASI ada beberapa masalah
yang dapat menghambat dalam pemberian ASI tersebut yang meliputi…
a. Putting susu lecet
b. Bayi
sering menyusui
c. Payudara bengkak
d. Abses payudara
ESSAY
1. Jelaskan
proses terjadinya kehamilan?
Jawab
: proses terjadinya kehamilan yaitu pada saat ovulasi ovarium melepaskan sel
telur kemudian ditangkap oleh fimbrie,kemudian masuk ke dalam ampula,kemudian
diampula sel telur menunggu sperma,apabila terjadi koitus maka sperma yang
diejakulasi dalam vagina akan menuju tubafalopi (ampula) apabila sperma dapat
menembus zona pelusida dan koronaradiate yang melindungi ovum maka akan terjadi
fertilization( pertemuan antara sperma dan inti ovum) di dalam ampula sehingga
menghasilkan zigot,zigot ini kemudian membela menjadi morula kemudian menjadi
blastokista dan akan menuju ke endometrium untuk melakukan implantasi sampai
janin menjadi matur pada umur kehamilan 40-42 minggu.
2. Sebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan?
Jawab : faktor fisik,faktor
psikologi,dan faktor lingkungan sosoial budaya
3. Jelaskan
perubahan fisiologi yang terjadi pada
usia kehamilan trimester 1?
Jawab
: perubahan fisiologi yang terjadi pada Trimester 1 (minggu-1-15) berat badan
naik tiap minggu ½ kg,perubahan payudara,(rasa nyeri,lembek dan rasa geli),
sering BAK dan tidak nisa ditunda,rasa letih,lemah ,mual dan muntah,keputihan.
4. Jelaskan
perubahan anatomi yang terjadi pada trimester II ?
Jawab
: perubahan fisik yang terjadi pada trimester II (16-27).pigmentasi
bertambah,peubahan kuliat pada abdomen;linea nigra dan striegravidarum.
5. Sebutkan
perubahan psikologi yang terjadi pada kehamilan trimester III?
Jawab
: Rasa tidak sabar menunggu kelahiran bayi,merasa takut menghadapi
persalinannya,memandang bayi sebagai bagian yang terpisah dari dirinya,merasa
takut bayinya akan cacat,merasa perlu melindungi bayinya.
6. Sebutkan
tanda tidak pasti dalam kehamilan?
Jawab
: Amenorhoe,payudara tegang,sering miksi,konstipasi/obstipasi,varises.
7. Sebutkan
tanda mungkin dalam kehamilan?
Jawab
: Uterus membesar, pemeriksaan dalam ; tanda hegar,tanda chadwik,tanda
piscakek,karena brakston his,dan teraba ballotemen dan pemeriksaan biologis
kehamilan (HCG +)
8. Jelaskan
fungsi uterus?
Jawab
: fungsi uterus setiap bulan berfunsi dalam siklus haid,dan menyiapkan tempat
untuk menerima sel telur yang dibuahi ,dan tempat janin bertumbuh dan
berkembang serta,berkontarsi saat persalinan/membantu pengeluaran janin dan
placenta,berkontraksi sesudah persalinan untuk membantu involusio uteri dan
mencegah perdarahan.
9. Dalam
kehamilan pemeriksaan menurut leopol 1 berfunsi untuk apa? Jelaskan!
Jawab
: Leopol 1 berfunsi untuk menetukan tinggi fundus uteri ,dan dapat diketahui
tuanya kehamilan/usia kehamilan.
10. Sebutkan
hormon yang mempegaruhi fisiologi menstruasi?
Jawab
: Hormon yang mempengaruhi fisiologi menstruasi yaitu hormon FSH dan LH dari
HIPOFISISANTERIOR dan ESTROGEN dan PROGESRERON dari ovarium.
11. Sebutkan
manfat pemeriksaan kehamilan?
Jawab
: Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik mental,sosial ibu dan janin.
12. Jelaskan
tujuan asuhan persalinan normal?
Jawab
: tujuan asuhan persalinan normal adalah memberikan asuhan yang memadai selama
persalinan upaya mencapai pertolongan persalinan yang bersih dan & aman dengan memperhatikan aspek sayang ibu.
13. Sebutkan
jenis-jenis persalinan?
Jawab
: jenis-jenis persalinan partus biasa (noramal),persalinan buatan
(abnormal),persalinan anjuran(Induksi),persalinan lama atau kasep.
14. Jelaskan
penyebab rasa nyeri persalinan?
Jawab
: ketegangan emosional karena kecemasan,ketakutan.Tarikan peritonium dan
serviks uteri,dan penekanan bagian terendah janin pada kandung kemih,kolon dan
organ sensitiove lain.
15.
Dalam proses persalinan apa sajakah yang
perlu diperhatikan dalam HIS?
Jawab:
Jumlah his dalam 10 menit,kekuatan his (detik) ,frekuensi,dan Durasi.
16. Sebutkan
cirri-ciri His normal?
Jawab
; kontraksi otot rahim mulai dari salah satu tanduk rahim,fundal dominal
menjalah keseluruh otot rahim,kekuatan seperti memeras otot rahim,dan otot
rahim yang telah berkontraksi tidak kembali ke panjang semula sehingga tidak
terjadi retraksi dan pembentukan SBR.
17. Apa
bahaya pada persalinan presentase bokong pada jalan lahir?
Jawab
: bahaya pada persntase bokong adalah asfiksia pada bayi,fraktur,rupture jalan
lahir.
18. Mengapa
harus dikaji TT pada ibu hamil?
Jawaban
: untuk mencegah terjadinya neonatus neonatorum
19.
Bagaimna peran anda sebagai bidan bila mendapati pasien dengan hasil albumin +1
?
Jawab : memberikan konseling tanda
bahaya preeklamsi dan memberikan pengobatan secara dini
20.
Apa yang anda lakukan bila ada tanda gejala gawat janin ?
Jawaban
:saat kepala lahir ,bersihkan jalan nafas
21.
Jelaskan macam-macam syok ?
Jawaban
: syok hipolemik,syok anifilakti,syok septic,kardiogenik
22.
Apa yang menyebabkan hamil muda sering kencing
Jawaban
:karena kandung kemih tertekan oleh uterus yang mulai membesar dan akan hilang
dengan makin tuanya kehamilan,bila kepala janin mulai turung dari rongga
panggul,dan muncul lagi pada akhir kehamilan karena kandung kemih mulai
tertekan lagi.
23.
Sebutkan tujuan episiotonomi ?
Jawaban
: mencegah rupture perineum,dan mempermuda pemulihan luka dan kepala janin
tidak masuk kembali ke vagina.
24.
Mengapa pada saat proses persalinan bahu depan lebih dahulu dilahirkan ?
Jawaban
: karena bahu belakang menempati bagian luas panggul serta setelah melahirkan
bahu depan maka akan lebih muda melahirkan bahu belakang,jika bahu belakang
dilahirkan lebih dahulu maka bahu depan akan tertahan pada tulang syimpisis.
25.
Mengapa pada saat melakukan pemeriksaan dalam tangan diatas fudus?
Jawaban
: karena untuk fiksasi dan mempermuda bagian terendah janin
26.
Mengapa pada primigravida kala I lebih panjang dari pada Multigravida?
Jawaban
:pada primi terjadi rektraksi terlebih dahulu kemuddian dilatasi jadi pada
primi pelepaan lendir kemuddian darah sedangkan multi rektaraksi dan dilatasi
bersamaan,jadi lendir dan darah keluar bersamaan.
27.
Mengapa pada askeb ditanyakan ada riwayat DM dan apa dampak nya pada bayi ?
Jawaban
:karena pada bayi besar dan jika terdapat luka pada ibu susah sembuhnya dan
pengaruh pada kehamilan abortus,preeklamsia,hidroamnion dan kelainan letak dan
pengaruh dalam persalinan inersia uteri,pengaruh pada nifas yaitu infeksi
nifas.
28.
Apa indikasi episiotonomi ?
Jawaban
:pada keadaan yang memungkinkan terjadinya rupture premium,janin
premature,letak sungsang
29. Tahapan-tahapan masa
nifas:
a. Puerperium dini yaitu kepulihan dimana ibu telah diperbolehkan
berdiri dan berjalan-jalan sampai bersih dan boleh bekerja pada 40 hari post
partum.
b.Puerperium
intermedial yaitu kepulihan menyeluruh alat-alat genetal 6-8 minggu.
c. Remote puerperium yaitu waktu yang diperlukan untuk pulih dan
sehat sempurna terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai
komplikasi. Waktu untuk sehat sempurna bias berm berminggu-minggu,
berbulan-bulan, atau tahunan.
30. Sebutkan manfaat
ASI bagi bayi yaitu:
a. Nutrient yang sesuai
untuk bayi
b. Mengandung zat
protektif
c. Mempunyai efek
psikologis yang menguntungkan
d.
Menyebabkan pertumbuhan yang baik
e.
Mengurangi kejadian karies gigi
f.
Mengurangi kejadian maloklusi rahang
SIKAP
Aspek yang diteliti
|
Deskripsi
|
Indikator
|
Aspek
|
Pernyataan
|
|
S
|
TS
|
||||
Sikap
siswa terhadap pembelajaran kebidanan komunitas
|
Minat
|
Menunjukan
minat terhadap pembelajaran kebidanan komunitas
|
Ö
|
Ö
|
1. Pembelajaran kebidanan komunitas
membuat saya semangat belajar
2. Pembelajaran kebidanan komunitas
membosankan.
|
Manfaat
|
Menunjukan
persetujuan terhadap pembelajaran kebidanan komunitas
|
Ö
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
3. Saya menemukan manfaat dari setiap
pembelajaran kebidanan komunitas
4. Saya merasa pembelajaran kebidanan komunitas
yang dilakukan kurang ada gunanya.
5. Saya merasa pelajaran kebidanan
komunitas yang telah dipelajari
menunjang/ membantu dalam mengidentifikasi kasus kebidanan dalam kehidupan
sehari-hari.
6. Saya merasa pelajaran kebidanan
komunitas kurang berhubungannya dengan
mata pelajaran lain.
7. Saya senang jika teman saya
meminta menjelaskan proses yang harus dilakukan dalam menyelesaikan suatu
soal.
8. Saya selalu menghindar dari soal-soal yang
sulit dalam pelajaran kebidanan komunitas
|
|
Sikap
siswa terhadap pembelajaran yang baru saja berlangsung
|
Minat
|
Menunjukan
minat terhadap pembelajaran yang baru saja berlangsung
|
Ö
|
Ö
|
9. Saya senang dengan suasana
pembelajaran dengan pembelajaran yang baru saja berlangsung.
10.
Pembelajaran dengan model pembelajaran yang baru
saja berlangsung kurang memberi motivasi yang berarti untuk saya.
|
Manfaat
|
Menunjukan
persetujuan terhadap pembelajaran yang baru saja berlangsung
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
11.
Penggambaran ruang dimensi tiga yang diciptakan
dalam pembelajaran yang baru saja berlangsung mempermudah saya memahaminya.
12.
Pembelajaran dengan pembelajaran yang baru saja
berlangsung, kurang menambah pengetahuan saya.
13.
Langkah-langkah pembelajaran yang baru saja
berlangsung, memudahkan saya dalam memahami materi ajar penentuan diagnosa.
14. Pembelajaran yang baru saja berlangsung kurang
mengkaji lebih detail tentang materi ajar penentuan diagnosa
15. Pembelajaran yang baru saja berlangsung membuat
saya berani dalam mengemukakan pendapat.
16. Saya merasa sebal saat guru menyuruh untuk
mengidentifikasi kasus patologi dalam kebidanan
17. Pembelajaran yang baru saja berlangsung,
memudahkan saya dalam menentukan diagnosa kehamilan
18. Pembelajaran yang baru saja berlangsung, meyulitkan
menemukan implementasi dalam setiap kasus
19. Pembelajaran yang baru saja berlangsung,
memudahkan saya dalam membuat kesimpulan dari materi yang telah dijelaskan.
20. Pengulangan materi yang disampaikan oleh guru
membuat saya pusing.
|
|
Sikap
siswa terhadap soal-soal pemahaman konsep.
|
Minat
|
Menunjukan
minat terhadap soal-soal pemahaman konsep.
|
Ö
|
Ö
|
21. Saya senang dengan contoh kasus yang disajikan.
22. Saya sebal dengan contoh kasus yang disajikan.
|
Manfaat
|
Menunjukan
persetujuan terhadap soal-soal pemahaman konsep.
|
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
Ö
Ö
|
23. Soal-soal kasus yang disajikan membentuk pemahaman saya
terhadap materi pembuatan kasus di kebidanan komunitas
24. kasus yang disajikan membuat saya bingung.
25. kasus yang disajikan hanya terbatas pada
pengetahuan tentang kehamilan tidak secara keseluruhan masalah kebidanan
26.saya berharap kasus yang di tampilkan bukan hanya
kasus fiologi namun disertai dengan kasus patologis
27. Soal kasus yang diberikan terlalu banyak
28.Soal kasus sulit dimengerti
29. Soal kasus terlalu mudah untuk dijawab
30. Soal kasus tersebut memerlukan analisa untuk
menemukan pemecahan masalahnya
|
2. PERBEDAAN TES,PENILAIAN,PENGUKURAN,EVALUASI
TES
Sebagai seperangkat pertanyaan dan /atau tugas
yang direncanakan untuk memperoleh nformasi tentang trait,atribut
pendidikan,psikologi,atau hasil belajar yang setiap butir pertanyaan atau tugas
tersebut,mempunyai jawaban atau ketentuan yang
dianggap benar.
PENILAIAN
Penilaian berarti menlai sesuatu.Sedangkan
menilai itu mengandung arti : mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan
mendasarkan diri atau berpegang teguh pada ukuran baik atau buruk,sehat atau
sakit.pandai atau bodoh dan sebaginya,jadi penilain itu sifatnya kualitatif.
Proses untuk mengambil keputusan dengan
menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang
menggunakan instrument tes maupun non test.penilain dimaksudkan untuk member
nilai tentang kualitas hasil belajar.
PENGUKURAN
Sebagai pemberian angka pada status atribut
atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang,hal,atau objek tertentu
atau formulasi yang jela.dan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur sesuatu
.pada hakikatnya adalah membandingkan sesuatu atau dasar ukuran
tertentu.misalnya mengukur suhu badan dengan ukuran berupa
thermometer;hasilnya,36`pengukuran yang dilakukan untuk menguji sesuatu
misalnya;pengukuran yang dilakukan oleh penjahit pakain mengenai panjang lengan
panjang kaki lebar bahu,ukuran pinggang dsb,pengukuran untuk menilai,yang
dilakukan dengan jalan menguji misalnya: mengukur kemajuan belajar peserta
didik dalam rangka mengisi nilai raopr yang dilakukan dengan menguji mereka
dalam bentuk yes hasil belajar.
EVALUASI
Evaluasi dipandang sebagai tindakan untuk
menetapkan suatu program.evaluasi diawali oleh proses pengukuran dan
penilain.selanjtnya interpretasi dari penilain dapat bersifat evaluatif apabila
disandarkan pada criteria tertentu
Dapat disimpulakan bahwa perbedaan
tes,pengukuran,penilain dan evaluasi,terletak pada waktu dan fungsinya.tes
digunakan sebagai alat atau media untuk memporoleh informasi tentang orang
lain.pengukuran dilakukan untuk member angka pada karakteristik tertentu yang
dimiliki oleh orang,hal atau objek yang diambil dari sebuah tes.sedangkan
penilain digunakan untuk mengambil keputusan berdasrkan data-data yang
diperoleh berdasarkan pengukuran sebelumya.dan evaluasi sebagai tindakan untuk
menetapkan suatu program evaluasi.
3.
TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN
A. Tujuan
Evaluasi Pendidikan.
Pendidikan
disebuah lembaga pendidikan sangat diperlukan adanya evaluasi kerena hal
tersebut dapat memajukan lembaga dan proses pendidikan di sekolahan itu.Manfaat
atau tujuan diadakannya evaluasi pendidikan adalah:
1.
Bagi siswa.
Dengan
diadakannya evaluasi atau penilaian maka siswa dapat mengetahui apakah hasil
pekerjaannya memuaskan atau tidak.
2.
Bagi guru.
a. Guru
akan mengetahui siswa mana yang berhak melanjutkan dan mana tang tunda atau
tinggal.
b. Guru
akan mengetahui apakah materi yang di ajarkan suadah tepat atau belum.
c. Guru
akan mengetahui apakah metode yang gunakan untuk mengajar sudah tepat atau
belum.
3.
Bagi sekolahan.
a. Sekolahan
dapat mengetahui kondisi belajar yang ada di sekolahan sudah tepat atau belum.
b. Informasi
dari guru tentang tepat tidaknya kurikulum sesuai tidaknya
c. Informasi penilaian yang diperoleh dari tahun
ketahun, sehingga dapat digunakan sebagai pedoman.
Tujuan
utamanya dalam proses belajar mengajara adalah mendapatkan informasi yang
akurat mengenai tingkat tujuan instruksional oleh siswa, sehingga dapat di
upayakan tindak lanjutnya.
B.
Fungsi Evaluasi Pendidikan.
1.
Evaluasi berfungsi selektif.
Guru
mempunyai cara untuk megadakan seleksi bagi calon siswa, untu memilih siswa
naik tidaknya ke tingkat lanjut, untuk memilih siwa yang seharusnya dapat
biasiswa, untuk memilih siswa yang berhak meninggalkan sekolah.
2.
Evaluasi berfungsi diagnostik.
Guru
akan mengetahui kelemaha-kelemahan pada siswa dan tahu penyebabanya serta
mengetahui bagaiman cara mengatasinya.
3.
Evaluasi berfungsi sebagai penempatan.
Guru
dapat menmpatkan siswanya yang mempunyai kemempuan yang sama dan kelompok yang
sama.
4.
Evaluasi berfungsi sebagai pengukuran
keberhasilan.
Hal
ini bermaksud utuk mengetahui sejauh mana keberhasilan suatu program.
3.MACAM-MACAM SKALA YANG DIGUNAKAN
DALAM MENGUKUR SIKAP SISWA .
1.SKALA LIKERT: digunakan untuk mengukur sikap,
pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial.
Contoh :.
Preferensi
a.
Sangat Setuju
b.
Setuju
c.
Ragu-ragu
d.
Tidak Setuju
e.
Sangat Tdk Setuju
Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan
persepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomena sosial. Dalam
penelitian, fenomena sosial ini telah ditetapkan secara spesifik oleh peneliti,
yang selanjutnya disebut sebagai variabel penelitian.
Dengan skala Likert, maka variabel yang akan diukur dijabarkan
menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik
tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pernyataan atau
pertanyaan, baik bersifat favorable (positif) bersifat bersifat unfavorable
(negatif).
Jawaban setiap item instrumen yang mengunakan skala Likert
mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negative. Sistem penilaian
dalam skala Likert adalah sebagai berikut:
Item Favorable: sangat setuju/baik (5), setuju/baik (4),
ragu-ragu (3), tidak setuju/baik (2), sangat tidak setuju/baik (1)
Item Unfavorable: sangat setuju/ baik (1), setuju/ baik (2),
ragu-ragu (3), tidak setuju/ baik (4), sangat tidak setuju/ baik (5).
Contoh :
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
1 Kita harus menjaga kebersihan X
2 Kita harus mematuhi peraturan X
3 ………………………………………
|
SS
S
RR
TS
STS
|
SS = Sangat Setuju TS = Tidak Setuju
S = Setuju
1STS = Sangat Tidak Setuju
RR = Ragu-Ragu
2. SKALA GUTTMAN: Skala
pengukuran dengan tipe ini, akan di dapat jawaban yang tegas, yaitu ya atau
tidak, benar atau salah, pernah atau tidak, positf atau negatif, dan lain-lain.
Data yang diperoleh dapat berupa data interval atau rasio dikhotomi (dua
alternatif). Jadi kalau pada skala Likert terdapat interval 1,2,3,4,5 interval,
dari kata “sangat setuju” sampai “sangat tidak setuju”, maka dalam skala
Gutmann hanya ada dua interval yaitu “setuju atau tidak setuju”. Penelitian
menggunakan skala Guttman dilakukan bila ingin mendapatkan jawaban yang tegas
terhadap suatu permasalahan yang di tanyakan.
Contoh :
Apakah anda setuju
dengan kenaikan harga BBM ?
a. Setuju b. tidak setuju
3.SKALA THURSTONE
Skala Thurstone adalah skala yang disusun
dengan memilih butir yang berbentuk skala interval. Setiap butir memiliki kunci
skor dan jika diurut, kunci skor menghasilkan nilai yang berjarak sama. Skala
Thurstone dibuat dalam bentuk sejumlah (40-50) pernyataan yang relevan dengan
variable yang hendak diukur kemudian sejumlah ahli (20-40) orang menilai
relevansi pernyataan itu dengan konten atau konstruk yang hendak diukur.
Adapun contoh skala
penilaian model Thurstone adalah seperti gambar di bawah ini.
Nilai 1 pada skala di
atas menyatakan sangat tidak relevan, sedangkan nilai 11 menyatakan sangat
relevan.
Contoh : minat siswa
terhadap pelajaran kimia,
No
|
pertanyaan
|
Jjawaban
|
||||||
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
1 Saya senang belajar kimia
2 Pelajaran kimia bermanfaat
3 Saya berusaha hadir tiap pelajaran kimia
4 Saya
berusahan memiliki buku pelajaran kimia
|
Contoh lain : Angket
yang disajikan menggunakan skala thurstone
Petunjuk : Pilihlah
5(lima) buah pernyataan yang paling sesuai dengan sikap anda terhadap pelajaran
matematika, dengan cara membubuhkan tanda cek (v) di depan nomor pernyataan di
dalam tanda kurung.
( )
1. Saya senang belajar matematika
( )
2. Matematika adalah segalanya buat saya
( )
3. Jika ada pelajaran kosong, saya lebih suka belajar matematika
( )
4. Belajar matematika menumbuhkan sikap kritis dan kreatif
( )
5. Saya merasa pasrah terhadap ketidak-berhasilan saya dalam matematika
( )
6. Penguasaan matematika akan sangat membantu dalam mempelajari bidang
studi lain
( )
7. Saya selalu ingin meningkatkan pengetahuan & kemampuan saya dalam
matematika
( )
8. Pelajaran matematika sangat menjemukan
( )
9. Saya merasa terasing jika ada teman membicarakan matematika
4.SEMANTIK DIFERENSIAL:
Skala diferensial
yaitu skala untuk mengukur sikap, tetapi bentuknya bukan pilihan ganda maupun
checklist, tetapi tersusun dalam satu garis kontinum di mana jawaban yang
sangat positif terletak dibagian kanan garis, dan jawaban yang sangat negative
terletak dibagian kiri garis, atau sebaliknya.
Data yang diperoleh
melalui pengukuran dengan skala semantic differential adalah data interval.
Skala bentuk ini biasanya digunakan untuk mengukur sikap atau karakteristik
tertentu yang dimiliki seseorang.
Contoh : Penggunaan
skala Semantik Diferensial mengenai gaya kepemimpinan kepala sekolah.
Demokrasi
7 6 5 4 3 2 1
Otoriter
Bertanggung Jawab 7 6 5 4 3 2 1 Tidak
Bertanggung Jawab
Memberi Kepercayaan 7 6 5 4 3 2 1 Mendominasi
Menghargai Bawahan 7 6 5 4 3 2 1 Tidak
Menghargai Bawahan
Keputusan Diambil
Bersama 7 6 5 4 3 2 1 Keputusan
Diambil Sendiri
Contoh lain :
Penilaian pelajaran kimia
Menyenangkan !……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!
Membosankan
Sulit
!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..! Mudah
Bermanfaat !……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!
Sia-Sia
Menantang
!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..! Menjemukan
5.
PENILAIAN (RATING SCALE)
Data-data skala yang diperoleh melalui tiga
macam skala yang dikemukakan di atas adalah data kualitatif yang
dikuantitatifkan. Berbeda dengan rating scale, data yang diperoleh adalah data
kuantitatif (angka) yang kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif.
Seperti halnya skala lainnya, dalam rating scale responden akan memilih salah
satu jawaban kuantitatif yang telah disediakan.
Rating scale lebih
fleksibel, tidak saja untuk mengukur sikap tetapi dapat juga digunakan untuk
mengukur persepsi responden terhadap fenomena lingkungan, seperti skala untuk
mengukur status sosial, ekonomi, pengetahuan, kemampuan, dan lain-lain. Dalam
rating scale, yang paling penting adalah kemampuan menterjemahkan alternative jawaban
yang dipilih responden.
Contoh :
Kenyamanan ruang
tunggu RSU Kartini :
5 4
3 2 1
Kebersihan ruang
parkir RSU Kartini :
5 4 3 2 1
5.EKSISTENSI UAN YANG HANYA MENILAI ASPEK KOGNITIF DAN AFEKTIF
DAN PSIKOMOTORIK TERABAIKAN.
Pendidikan merupakan salah satu
sector penting dalam pembangunan disetiap Negara.Pendidikan merupakan usaha
sadar dan terencana untuk mengembangkan segala kompetensi yang dimiliki peserta
didik melalui proses pembelajaran.Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan
potensi anak agar memiliki kekuatan spiritual,keagamaan,pengendalian
diri,berkpribadian , memiliki kecerdasaan,serta keterampilan yang diperlukan
sebagai anggota masyarakat dan Negara.Informasi tentang tingkat keberhasilan
pendidikan akan dapat dilihat apabila alat evaluasi yang digunakan sesuai dan
dapat mengukur setiap tujuan.alat ukur yang tidak relavan dapat mengakibatkan
hasil pengukuran tidak tepat,bahkan salah sama sekali.UAN merupakan salah satu
alat evaluasi yang dikeluarkan pemerintah untuk mengukur tingkat pencapaian
pendidikan yang telah ditetapkan.
Hakikatnya UAN untuk mengetahui
hasil pembelajaran siswa selama rentang semester berjalan menurut saya UAN
penting dilakukan tapi,kalau itu sebagai patokan dalam kelulusan siswa menurut
saya itu kurang tepat karena bias mengabaikan beberapa hal prinsip termasuk
psikomotor apalagi ujian nasional itu disamaratakan diseluruh Indonesia. Karena
fasilitas dan kemampuan daerah dan sekolah tidak sama terjadi kesenjangan
pendidikan dikota dan desa yang berakibat siswa dikota lebih cepat mendapat
informasi dari berbagai media sedangkan berbanding terbalik didesa.UAN hanya
berfokus pada aspek kognitif siswa ,sehinggah alat ukur digunakan tidak relevan
dikarenakan sangat mengabaikan psikomotorik siswa dimana dalam hal ini
penilaian dalam bentuk sikap,prilaku,kelebihan dan kelemahan yang dimiliki
siswa merupakan hal penting dalam penilaian UAN. http://yhanisaad.blogspot.com/
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus:>)
BalasHapusBetway Login - JTM Hub
BalasHapusThe Betway login process takes up to 양주 출장샵 15 minutes. Forgot 보령 출장안마 Password? Simply log in to your account and make sure 오산 출장안마 you have 서산 출장샵 entered your PIN code. Betway is 포항 출장안마 a