TUGAS MID
NAMA : RAHMIYANI SAAD
NIM : 133145387
KELAS : J
D4 BIDAN PENDIDIK
MEGA REZKY MAKASSAR

TUGAS MID ( EVALUASI PENDIDIKAN ) D4 BIDAN PENDIDIKAN

SOAL PILIHAN GANDA
1.      Pengertian komunitas adalah…
a.       Bentuk pelayanan yang dilakukan dalam mengolah seluruh aspek kesahatan masyarakat
b.      Bidan yang bekerja di masyarakat
c.       Cara melihat sesuatu fenomena disiplin profesi
d.      Penerapan konsep atau teori kebidanan
2.      Dibawah ini adalah filosofi kebidanan komunitas,yaitu…

a.      Bidan komuniti adalah bidan yang bekerja di rumah klinik dan masyarakat
b.      Kehamilan dan persalinan bersal dari masyrakat dan ada di masyrakat
c.       Mempertahankan dan meningkatkan kesehatan masyrakat
d.      Asuhan persalinan normal
3.      Prinsip pelayanan kebidanan komunitas adalah
a.       Pencegahan
b.      Scerining
c.       Pengobatan
d.      Continuity of care
4.      Tujuan asuhan kebidanan komintas adalah
a.      Kepuasan ibu,keluarga dan bidan
b.      Continuity of care
c.       Asuhan kepada masyarakat
d.      Menentukan kebutuhan kesehatan
5.      Dibawah ini yang bukan merupakan bentuk pelayan kebidanan kominitas adalah…
a.       Pemeriksaan kesehatan calon ibu
b.      Pemeriksaan kesehatan lanjut usia
c.       Pelayanan intranatal
d.      Pelayanan pos natal
6.      Segala aktifitas yang dilakukan oleh bidan untuk menyelamatkan pasienya dari gangguan kesehatan merupakan pengertian dari…
a.       Bidan komunitas
b.      Pelyanan kebidanan komunitas
c.       Peran fugsi bidan dikomunitas
d.      Sasaran pelayanan kebidanan komunitas
7.      Berikut ini bukan  merupakan langkah pembinaan PSM adalah…
a.       Survey dimasyrakat
b.      Pertemuan tingkat desa
c.       Masyrakat desa atas dukungan pmerintah
d.      Musywarah masyarakat desa
8.      Tolak ukur keberhasilan PSM adalah..
a.       Meningkatkan kesadaran masyarakat
b.      Meningkatkan kemampuan pengorganisasian oleh masyarakat
c.       Meningkatkan jumalah masyrakat dating ke posyandu
d.      Meningkatkan jumlah kader
9.      PSM merupakan suatu lembaga yang dibentuk oleh
a.      Swasta
b.      Pemerintah
c.       Dinas kesehatan
d.      Masyarakat desa
10.  Strategi pengembangan PSM dilakukan melalui pendekatan
a.       Comunity organitazion
b.      Community orienterd
c.       Community orienterd dan preciption
d.      Comunty preciption
11.  Keikut sertaan individu,keluarga,kelompok masyarakat,disetiap menggerakkan upaya kesehatan yang juga merupakan tanggung jawab kesehatan diri ,keluarga dan masyarakat disebut…
a.       Kerja sama Lintas sector
b.      Survey mawas diri
c.       Peran serta masyarakat
d.      PKMD
12.  Serangkain kegiatan masyarakat melaksanakan atas dasar gotong royong dan swadana dalam rangka menolong diri sendiri untuk memecahkan masalah disebut.
a.       PKMD
b.      LKMD
c.       Dasawisma
d.      Survey mawas diri
13.  Bentuk PSM dipengobatan sederhana disebut..
a.       Polindes
b.      Dana sehat
c.       Puskesmas
d.      Pos obat desa
14.   Asuhan pada 6 hari post partum dapat diberikan juga pada saat kunjungan nifas ...
a.      2 jam post partum
b.      6-8 jam post partum
c.       2 minggu post partum
d.      6 minggu post partum
15.  Asuhan yang dapat diberikan pada 6 minggu post partum adalah ...
a.       Memastikan involusio uteri berjalan dengan normal
b.      Memastikan ibu mendapat makanan yang bergizi dan cukup cairan
c.       Menjaga bayi tetap sehat melalui pencegahan hipotermi
d.      Menanyakan penyulit-penyulit yang dialami ibu selama masa nifas
16.  Pemberian ASI pada bayi sebaiknya ...
a.       5-7 menit
b.      1 jam sekali
c.       On demand
d.      2 jam sekali
17.  Manfaat ASI bagi bayi antara lain ...
a.       Membantu proses involusio uteri
b.      Keluarga lebih bahagia
c.       Tumbuh kembang bayi lebih baik
d.      Menurunkan angka kematian bayi
18.  Bayi yang diberikan ASI, tidak mudah sakit. Hal ini disebabkan karena ...
a.       Nutrien dalam ASI sesuai dengan kebutuhan bayi
b.      ASI mengandung zat protektif
c.       Mempunyai efek psikologis yang menguntungkan bagi ibu dan bayi
d.      Mengurangi kejadian karies dentis
19.  Manfaat ASI bagi ibu, ditinjau dari aspek keluarga berencana adalah ...
a.       Menyusui secara eksklusif dapat menjarangkan kehamilan
b.      Mengurangi terjadinya karsinoma indung telur
c.       Mencegah terjadinya perdarahan pasca persalinan
d.      Perasaan bangga
20.  Manfaat ASI menurut Depkes RI antara lain kecuali…
a.       Perlindungan terhadap penyakit
b.      Mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes
c.       Membantu perkembangan otak
d.      Sangat bermanfaat bagi bayi premature
21.  Air susu ibu yang merupakan cairan dengan viskositas kental , lengket dan berwarna kekuningan disebut …
a.      Kolustrum
b.      ASI transisi
c.       ASI peralihan
d.      ASI matur
22.  Soal ini masih berkaitan dengan soal di atas (soal no 35). Air susu tersebut disekresikan pada ...
a.       Sebelum hamil
b.      Selama kehamilan
c.       Hari pertama – ke empat
d.      Hari ke empat – ke sepuluh

23.  Sedangkan ASI yang disekresikan mulai hari kesepuluh yang terus berubah sesuai dengan perkembangan bayi samapi usia 6 bulan disebut…
a.       Air susu matur
b.      Air susu peralihan
c.       Kolostrum
d.      Air susu transisi
24.  Kandungan ASI yang kaya akan lemak dan nutrisi, sehingga membuat bayi lebih cepat kenyang adalah ...

a.       Foremilk
b.      Hindmilk
c.       Kolustrum
d.      ASI matur
25.  Bukan termasuk hal yang dapat mempengaruhi ibu tidak menyusui adalah ...
a. Kesibukan bekerja atau kesibukan sosial lainnya, yang menjadikan pola gaya hidup berubah.
b.Ketakutan kehilangan daya tarik sebagai seorang wanita.
c. Penyuluhan tentang dukungan dan manfaat pemberian ASI yang diberikan oleh tenaga kesehatan kurang.
d.      Ibu yakin dapat menyusui sampai minimal sampai usia 6 bulan.
26.  Hal yang dapat mempengaruhi produksi ASI adalah ...
a.   Makanan yang dikonsumsi oleh ibu
b.      Pada saat menyusui, ibu harus dalam keadaan tenang
c.       Perawatan payudara yang baik dapat merangsang produksi ASI
d.      Jawaban a, b dan c tidak benar
27.  Yang termasuk tanda bayi cukup ASI yaitu, kecuali…
a.            Bayi kencing ±6 kali sehari
b.            Bayi menyusu sering setiap 2-3 jam
c.             Bayi bertambah berat badannya rata-rata 100 gram / bulan
d.            Bayi tampak sehat dan aktif
28.  ASI yang dikeluarkan dan disimpan dalam lemari es dengan suhu 40ºC akan bertahan selama…
a.       6 jam
b.      8 jam
c.       24 jam
d.      6 bulan
29.  Mastitis adalah radang yang terjadi pada payudara yang disebabkan oleh, kecuali…
a.      Mengeluarkan ASI dengan tangan bila produksi ASI melebihi kebutuhan bayi
b.      Payudara yang tidak disusui secara adekuat
c.       BH yang terlalu lekat
d.      Putting lecet
30.  Dalam pemberian ASI ada beberapa masalah yang dapat menghambat dalam pemberian ASI tersebut yang meliputi…
a.       Putting susu lecet
b.      Bayi sering menyusui
c.       Payudara bengkak
d.      Abses payudara




ESSAY
1.      Jelaskan proses terjadinya kehamilan?
Jawab : proses terjadinya kehamilan yaitu pada saat ovulasi ovarium melepaskan sel telur kemudian ditangkap oleh fimbrie,kemudian masuk ke dalam ampula,kemudian diampula sel telur menunggu sperma,apabila terjadi koitus maka sperma yang diejakulasi dalam vagina akan menuju tubafalopi (ampula) apabila sperma dapat menembus zona pelusida dan koronaradiate yang melindungi ovum maka akan terjadi fertilization( pertemuan antara sperma dan inti ovum) di dalam ampula sehingga menghasilkan zigot,zigot ini kemudian membela menjadi morula kemudian menjadi blastokista dan akan menuju ke endometrium untuk melakukan implantasi sampai janin menjadi matur pada umur kehamilan 40-42 minggu.
2.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan?
Jawab : faktor fisik,faktor psikologi,dan faktor lingkungan sosoial budaya
3.      Jelaskan perubahan fisiologi yang terjadi pada  usia kehamilan trimester 1?
Jawab : perubahan fisiologi yang terjadi pada Trimester 1 (minggu-1-15) berat badan naik tiap minggu ½ kg,perubahan payudara,(rasa nyeri,lembek dan rasa geli), sering BAK dan tidak nisa ditunda,rasa letih,lemah ,mual dan muntah,keputihan.
4.      Jelaskan perubahan anatomi yang terjadi pada trimester II ?
Jawab : perubahan fisik yang terjadi pada trimester II (16-27).pigmentasi bertambah,peubahan kuliat pada abdomen;linea nigra dan striegravidarum.
5.      Sebutkan perubahan psikologi yang terjadi pada kehamilan trimester III?
Jawab : Rasa tidak sabar menunggu kelahiran bayi,merasa takut menghadapi persalinannya,memandang bayi sebagai bagian yang terpisah dari dirinya,merasa takut bayinya akan cacat,merasa perlu melindungi bayinya.
6.      Sebutkan tanda tidak pasti dalam kehamilan?
Jawab : Amenorhoe,payudara tegang,sering miksi,konstipasi/obstipasi,varises.
7.      Sebutkan tanda mungkin dalam kehamilan?
Jawab : Uterus membesar, pemeriksaan dalam ; tanda hegar,tanda chadwik,tanda piscakek,karena brakston his,dan teraba ballotemen dan pemeriksaan biologis kehamilan (HCG +)
8.      Jelaskan fungsi uterus?
Jawab : fungsi uterus setiap bulan berfunsi dalam siklus haid,dan menyiapkan tempat untuk menerima sel telur yang dibuahi ,dan tempat janin bertumbuh dan berkembang serta,berkontarsi saat persalinan/membantu pengeluaran janin dan placenta,berkontraksi sesudah persalinan untuk membantu involusio uteri dan mencegah perdarahan.
9.      Dalam kehamilan pemeriksaan menurut leopol 1 berfunsi untuk apa? Jelaskan!
Jawab : Leopol 1 berfunsi untuk menetukan tinggi fundus uteri ,dan dapat diketahui tuanya kehamilan/usia kehamilan.
10.  Sebutkan hormon yang mempegaruhi fisiologi menstruasi?
Jawab : Hormon yang mempengaruhi fisiologi menstruasi yaitu hormon FSH dan LH dari HIPOFISISANTERIOR dan ESTROGEN dan PROGESRERON dari ovarium.
11.  Sebutkan manfat pemeriksaan kehamilan?
Jawab : Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik mental,sosial ibu dan janin.
12.  Jelaskan tujuan asuhan persalinan normal?
Jawab : tujuan asuhan persalinan normal adalah memberikan asuhan yang memadai selama persalinan upaya mencapai pertolongan persalinan yang bersih dan & aman  dengan memperhatikan aspek sayang ibu.


13.  Sebutkan jenis-jenis persalinan?
Jawab : jenis-jenis persalinan partus biasa (noramal),persalinan buatan (abnormal),persalinan anjuran(Induksi),persalinan lama atau kasep.
14.  Jelaskan penyebab rasa nyeri persalinan?
Jawab : ketegangan emosional karena kecemasan,ketakutan.Tarikan peritonium dan serviks uteri,dan penekanan bagian terendah janin pada kandung kemih,kolon dan organ sensitiove lain.
15.  Dalam proses persalinan apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam HIS?
Jawab: Jumlah his dalam 10 menit,kekuatan his (detik) ,frekuensi,dan Durasi.
16.  Sebutkan cirri-ciri His normal?
Jawab ; kontraksi otot rahim mulai dari salah satu tanduk rahim,fundal dominal menjalah keseluruh otot rahim,kekuatan seperti memeras otot rahim,dan otot rahim yang telah berkontraksi tidak kembali ke panjang semula sehingga tidak terjadi retraksi dan pembentukan SBR.
17.  Apa bahaya pada persalinan presentase bokong pada jalan lahir?
Jawab : bahaya pada persntase bokong adalah asfiksia pada bayi,fraktur,rupture jalan lahir.
18.  Mengapa harus dikaji TT pada ibu hamil?
Jawaban : untuk mencegah terjadinya neonatus neonatorum
19. Bagaimna peran anda sebagai bidan bila mendapati pasien dengan hasil albumin +1 ?
Jawab : memberikan konseling tanda bahaya preeklamsi dan memberikan pengobatan secara dini
20. Apa yang anda lakukan bila ada tanda gejala gawat janin ?
Jawaban :saat kepala lahir ,bersihkan jalan nafas
21. Jelaskan macam-macam syok ?
Jawaban : syok hipolemik,syok anifilakti,syok septic,kardiogenik
22. Apa yang menyebabkan hamil muda sering kencing
Jawaban :karena kandung kemih tertekan oleh uterus yang mulai membesar dan akan hilang dengan makin tuanya kehamilan,bila kepala janin mulai turung dari rongga panggul,dan muncul lagi pada akhir kehamilan karena kandung kemih mulai tertekan lagi.
23. Sebutkan tujuan episiotonomi ?
Jawaban : mencegah rupture perineum,dan mempermuda pemulihan luka dan kepala janin tidak masuk kembali ke vagina.
24. Mengapa pada saat proses persalinan bahu depan lebih dahulu dilahirkan ?
Jawaban : karena bahu belakang menempati bagian luas panggul serta setelah melahirkan bahu depan maka akan lebih muda melahirkan bahu belakang,jika bahu belakang dilahirkan lebih dahulu maka bahu depan akan tertahan pada tulang syimpisis.
25. Mengapa pada saat melakukan pemeriksaan dalam tangan diatas fudus?
Jawaban : karena untuk fiksasi dan mempermuda bagian terendah janin
26. Mengapa pada primigravida kala I lebih panjang dari pada Multigravida?
Jawaban :pada primi terjadi rektraksi terlebih dahulu kemuddian dilatasi jadi pada primi pelepaan lendir kemuddian darah sedangkan multi rektaraksi dan dilatasi bersamaan,jadi lendir dan darah keluar bersamaan.
27. Mengapa pada askeb ditanyakan ada riwayat DM dan apa dampak nya pada bayi ?
Jawaban :karena pada bayi besar dan jika terdapat luka pada ibu susah sembuhnya dan pengaruh pada kehamilan abortus,preeklamsia,hidroamnion dan kelainan letak dan pengaruh dalam persalinan inersia uteri,pengaruh pada nifas yaitu infeksi nifas.

28. Apa indikasi episiotonomi ?
Jawaban :pada keadaan yang memungkinkan terjadinya rupture premium,janin premature,letak sungsang
29. Tahapan-tahapan masa nifas:
a. Puerperium dini yaitu kepulihan dimana ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan-jalan sampai bersih dan boleh bekerja pada 40 hari post partum.
b.Puerperium intermedial yaitu kepulihan menyeluruh alat-alat genetal 6-8 minggu.
c. Remote puerperium yaitu waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai komplikasi. Waktu untuk sehat sempurna bias berm berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau tahunan.
30. Sebutkan manfaat ASI bagi bayi yaitu:
a.       Nutrient yang sesuai untuk bayi
b.      Mengandung zat protektif
c.       Mempunyai efek psikologis yang menguntungkan
d.      Menyebabkan pertumbuhan yang baik
e.       Mengurangi kejadian karies gigi
f.       Mengurangi kejadian maloklusi rahang


SIKAP
Aspek yang diteliti
Deskripsi
Indikator
Aspek
Pernyataan
S
TS
Sikap siswa terhadap pembelajaran kebidanan komunitas
Minat
Menunjukan minat terhadap pembelajaran kebidanan komunitas
Ö

Ö
1.      Pembelajaran kebidanan komunitas membuat saya semangat belajar
2.      Pembelajaran kebidanan komunitas membosankan.
Manfaat
Menunjukan persetujuan terhadap pembelajaran kebidanan komunitas
Ö

Ö


Ö



Ö

Ö


Ö


Ö

Ö

Ö
3.      Saya menemukan manfaat dari setiap pembelajaran kebidanan komunitas
4.   Saya merasa pembelajaran kebidanan komunitas yang dilakukan kurang ada gunanya.
5.   Saya merasa pelajaran kebidanan komunitas  yang telah dipelajari menunjang/ membantu dalam mengidentifikasi kasus kebidanan dalam kehidupan sehari-hari.
6.  Saya merasa pelajaran kebidanan komunitas  kurang berhubungannya dengan mata pelajaran lain.
7.  Saya senang jika teman saya meminta menjelaskan proses yang harus dilakukan dalam menyelesaikan suatu soal.
8.   Saya selalu menghindar dari soal-soal yang sulit dalam pelajaran kebidanan komunitas
Sikap siswa terhadap pembelajaran yang baru saja berlangsung
Minat
Menunjukan minat terhadap pembelajaran yang baru saja berlangsung
Ö


Ö
9.  Saya senang dengan suasana pembelajaran dengan pembelajaran yang baru saja berlangsung.
10.              Pembelajaran dengan model pembelajaran yang baru saja berlangsung kurang memberi motivasi yang berarti untuk saya.
Manfaat
Menunjukan persetujuan terhadap pembelajaran yang baru saja berlangsung
Ö



Ö



Ö




Ö









Ö


Ö


Ö



Ö




Ö



Ö




Ö
11.            Penggambaran ruang dimensi tiga yang diciptakan dalam pembelajaran yang baru saja berlangsung mempermudah saya memahaminya.
12.            Pembelajaran dengan pembelajaran yang baru saja berlangsung, kurang menambah pengetahuan saya.
13.            Langkah-langkah pembelajaran yang baru saja berlangsung, memudahkan saya dalam memahami materi ajar penentuan diagnosa.
14. Pembelajaran yang baru saja berlangsung kurang mengkaji lebih detail tentang materi ajar penentuan diagnosa
15. Pembelajaran yang baru saja berlangsung membuat saya berani dalam mengemukakan pendapat.
16. Saya merasa sebal saat guru menyuruh untuk mengidentifikasi kasus patologi dalam kebidanan
17. Pembelajaran yang baru saja berlangsung, memudahkan saya dalam menentukan diagnosa kehamilan
18. Pembelajaran yang baru saja berlangsung, meyulitkan menemukan implementasi dalam setiap kasus
19. Pembelajaran yang baru saja berlangsung, memudahkan saya dalam membuat kesimpulan dari materi yang telah dijelaskan.
20. Pengulangan materi yang disampaikan oleh guru membuat saya pusing.
Sikap siswa terhadap soal-soal pemahaman konsep.
Minat
Menunjukan minat terhadap soal-soal pemahaman konsep.
Ö

Ö
21. Saya senang dengan contoh kasus yang disajikan.
22. Saya sebal dengan contoh kasus yang disajikan.
Manfaat
Menunjukan persetujuan terhadap soal-soal pemahaman konsep.
Ö





Ö


Ö


Ö

Ö


Ö
Ö
23. Soal-soal kasus  yang disajikan membentuk pemahaman saya terhadap materi pembuatan kasus di kebidanan komunitas
24. kasus yang disajikan membuat saya bingung.
25. kasus yang disajikan hanya terbatas pada pengetahuan tentang kehamilan tidak secara keseluruhan masalah kebidanan
26.saya berharap kasus yang di tampilkan bukan hanya kasus fiologi namun disertai dengan kasus patologis
27. Soal kasus yang diberikan terlalu banyak
28.Soal kasus sulit dimengerti
29. Soal kasus terlalu mudah untuk dijawab
30. Soal kasus tersebut memerlukan analisa untuk menemukan pemecahan masalahnya




2. PERBEDAAN  TES,PENILAIAN,PENGUKURAN,EVALUASI
TES
Sebagai seperangkat pertanyaan dan /atau tugas yang direncanakan untuk memperoleh nformasi tentang trait,atribut pendidikan,psikologi,atau hasil belajar yang setiap butir pertanyaan atau tugas tersebut,mempunyai jawaban atau ketentuan yang  dianggap benar.
PENILAIAN
Penilaian berarti menlai sesuatu.Sedangkan menilai itu mengandung arti : mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mendasarkan diri atau berpegang teguh pada ukuran baik atau buruk,sehat atau sakit.pandai atau bodoh dan sebaginya,jadi penilain itu sifatnya kualitatif.
Proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan instrument tes maupun non test.penilain dimaksudkan untuk member nilai tentang kualitas hasil belajar.
PENGUKURAN
Sebagai pemberian angka pada status atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang,hal,atau objek tertentu atau formulasi yang jela.dan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur sesuatu .pada hakikatnya adalah membandingkan sesuatu atau dasar ukuran tertentu.misalnya mengukur suhu badan dengan ukuran berupa thermometer;hasilnya,36`pengukuran yang dilakukan untuk menguji sesuatu misalnya;pengukuran yang dilakukan oleh penjahit pakain mengenai panjang lengan panjang kaki lebar bahu,ukuran pinggang dsb,pengukuran untuk menilai,yang dilakukan dengan jalan menguji misalnya: mengukur kemajuan belajar peserta didik dalam rangka mengisi nilai raopr yang dilakukan dengan menguji mereka dalam bentuk yes hasil belajar.



EVALUASI
Evaluasi dipandang sebagai tindakan untuk menetapkan suatu program.evaluasi diawali oleh proses pengukuran dan penilain.selanjtnya interpretasi dari penilain dapat bersifat evaluatif apabila disandarkan pada criteria tertentu
Dapat disimpulakan bahwa perbedaan tes,pengukuran,penilain dan evaluasi,terletak pada waktu dan fungsinya.tes digunakan sebagai alat atau media untuk memporoleh informasi tentang orang lain.pengukuran dilakukan untuk member angka pada karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang,hal atau objek yang diambil dari sebuah tes.sedangkan penilain digunakan untuk mengambil keputusan berdasrkan data-data yang diperoleh berdasarkan pengukuran sebelumya.dan evaluasi sebagai tindakan untuk menetapkan  suatu program evaluasi.

3. TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN
A.       Tujuan Evaluasi Pendidikan.
Pendidikan disebuah lembaga pendidikan sangat diperlukan adanya evaluasi kerena hal tersebut dapat memajukan lembaga dan proses pendidikan di sekolahan itu.Manfaat atau tujuan diadakannya evaluasi pendidikan adalah:
1.      Bagi siswa.
Dengan diadakannya evaluasi atau penilaian maka siswa dapat mengetahui apakah hasil pekerjaannya memuaskan atau tidak.
2.      Bagi guru.
a.       Guru akan mengetahui siswa mana yang berhak melanjutkan dan mana tang tunda atau tinggal.
b.      Guru akan mengetahui apakah materi yang di ajarkan suadah tepat atau belum.
c.       Guru akan mengetahui apakah metode yang gunakan untuk mengajar sudah tepat atau belum.

3.      Bagi sekolahan.
a.       Sekolahan dapat mengetahui kondisi belajar yang ada di sekolahan sudah tepat atau belum.
b.      Informasi dari guru tentang tepat tidaknya kurikulum sesuai tidaknya
c.        Informasi penilaian yang diperoleh dari tahun ketahun, sehingga dapat digunakan sebagai pedoman.
Tujuan utamanya dalam proses belajar mengajara adalah mendapatkan informasi yang akurat mengenai tingkat tujuan instruksional oleh siswa, sehingga dapat di upayakan tindak lanjutnya.
B.        Fungsi Evaluasi Pendidikan.
1.      Evaluasi berfungsi selektif.
Guru mempunyai cara untuk megadakan seleksi bagi calon siswa, untu memilih siswa naik tidaknya ke tingkat lanjut, untuk memilih siwa yang seharusnya dapat biasiswa, untuk memilih siswa yang berhak meninggalkan sekolah.
2.      Evaluasi berfungsi diagnostik.
Guru akan mengetahui kelemaha-kelemahan pada siswa dan tahu penyebabanya serta mengetahui bagaiman cara mengatasinya.
3.      Evaluasi berfungsi sebagai penempatan.
Guru dapat menmpatkan siswanya yang mempunyai kemempuan yang sama dan kelompok yang sama.
4.      Evaluasi berfungsi sebagai pengukuran keberhasilan.
Hal ini bermaksud utuk mengetahui sejauh mana keberhasilan suatu program.




3.MACAM-MACAM SKALA YANG DIGUNAKAN DALAM MENGUKUR SIKAP SISWA .

1.SKALA LIKERT: digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Contoh :.
Preferensi
a.        Sangat Setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak Setuju
e.       Sangat Tdk Setuju

Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomena sosial. Dalam penelitian, fenomena sosial ini telah ditetapkan secara spesifik oleh peneliti, yang selanjutnya disebut sebagai variabel penelitian.

Dengan skala Likert, maka variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan, baik bersifat favorable (positif) bersifat bersifat unfavorable (negatif).


Jawaban setiap item instrumen yang mengunakan skala Likert mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negative. Sistem penilaian dalam skala Likert adalah sebagai berikut:
Item Favorable: sangat setuju/baik (5), setuju/baik (4), ragu-ragu (3), tidak setuju/baik (2), sangat tidak setuju/baik (1)
Item Unfavorable: sangat setuju/ baik (1), setuju/ baik (2), ragu-ragu (3), tidak setuju/ baik (4), sangat tidak setuju/ baik (5).


Contoh :

No
Pernyataan

Jawaban


1 Kita harus menjaga kebersihan        X                                   
2 Kita harus mematuhi peraturan                    X                       
3 ………………………………………        
SS
S
RR
TS
STS

                       
SS   = Sangat Setuju                                         TS   = Tidak Setuju

S     = Setuju                                                     1STS = Sangat Tidak Setuju

RR  = Ragu-Ragu
2. SKALA GUTTMAN: Skala pengukuran dengan tipe ini, akan di dapat jawaban yang tegas, yaitu ya atau tidak, benar atau salah, pernah atau tidak, positf atau negatif, dan lain-lain. Data yang diperoleh dapat berupa data interval atau rasio dikhotomi (dua alternatif). Jadi kalau pada skala Likert terdapat interval 1,2,3,4,5 interval, dari kata “sangat setuju” sampai “sangat tidak setuju”, maka dalam skala Gutmann hanya ada dua interval yaitu “setuju atau tidak setuju”. Penelitian menggunakan skala Guttman dilakukan bila ingin mendapatkan jawaban yang tegas terhadap suatu permasalahan yang di tanyakan.
Contoh :
Apakah anda setuju dengan kenaikan harga BBM ?
a. Setuju                      b. tidak setuju
3.SKALA THURSTONE
 Skala Thurstone adalah skala yang disusun dengan memilih butir yang berbentuk skala interval. Setiap butir memiliki kunci skor dan jika diurut, kunci skor menghasilkan nilai yang berjarak sama. Skala Thurstone dibuat dalam bentuk sejumlah (40-50) pernyataan yang relevan dengan variable yang hendak diukur kemudian sejumlah ahli (20-40) orang menilai relevansi pernyataan itu dengan konten atau konstruk yang hendak diukur.
Adapun contoh skala penilaian model Thurstone adalah seperti gambar di bawah ini.

Nilai 1 pada skala di atas menyatakan sangat tidak relevan, sedangkan nilai 11 menyatakan sangat relevan.
Contoh : minat siswa terhadap pelajaran kimia,

No
pertanyaan
Jjawaban


7
6
5
4
3
2
1
1
1 Saya senang belajar kimia                                                      
2 Pelajaran kimia bermanfaat                                                    
3 Saya berusaha hadir tiap pelajaran kimia                                                              
4 Saya berusahan memiliki buku pelajaran kimia           










           



                                   
Contoh lain : Angket yang disajikan menggunakan skala thurstone

Petunjuk : Pilihlah 5(lima) buah pernyataan yang paling sesuai dengan sikap anda terhadap pelajaran matematika, dengan cara membubuhkan tanda cek (v) di depan nomor pernyataan di dalam tanda kurung.

(           )  1. Saya senang belajar matematika

(           )  2. Matematika adalah segalanya buat saya

(           )  3. Jika ada pelajaran kosong, saya lebih suka belajar matematika

(           )  4. Belajar matematika menumbuhkan sikap kritis dan kreatif

(           )  5. Saya merasa pasrah terhadap ketidak-berhasilan saya dalam matematika

(           )  6. Penguasaan matematika akan sangat membantu dalam mempelajari bidang studi lain

(           )  7. Saya selalu ingin meningkatkan pengetahuan & kemampuan saya dalam matematika

(           )  8. Pelajaran matematika sangat menjemukan

(           )  9. Saya merasa terasing jika ada teman membicarakan matematika

4.SEMANTIK DIFERENSIAL:
Skala diferensial yaitu skala untuk mengukur sikap, tetapi bentuknya bukan pilihan ganda maupun checklist, tetapi tersusun dalam satu garis kontinum di mana jawaban yang sangat positif terletak dibagian kanan garis, dan jawaban yang sangat negative terletak dibagian kiri garis, atau sebaliknya.

Data yang diperoleh melalui pengukuran dengan skala semantic differential adalah data interval. Skala bentuk ini biasanya digunakan untuk mengukur sikap atau karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang.

Contoh : Penggunaan skala Semantik Diferensial mengenai gaya kepemimpinan kepala sekolah.

Demokrasi           7         6       5          4          3          2          1             Otoriter
Bertanggung Jawab    7          6          5          4          3          2          1          Tidak Bertanggung Jawab
Memberi Kepercayaan            7          6          5          4          3          2          1          Mendominasi
Menghargai Bawahan 7          6          5          4          3          2          1          Tidak Menghargai Bawahan
Keputusan Diambil Bersama  7          6          5          4          3          2          1          Keputusan Diambil Sendiri
Contoh lain : Penilaian pelajaran kimia

Menyenangkan  !……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..! Membosankan

Sulit                  !……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..! Mudah

Bermanfaat        !……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..! Sia-Sia

Menantang         !……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..!……..! Menjemukan

5.   PENILAIAN (RATING SCALE)
 Data-data skala yang diperoleh melalui tiga macam skala yang dikemukakan di atas adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan. Berbeda dengan rating scale, data yang diperoleh adalah data kuantitatif (angka) yang kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif. Seperti halnya skala lainnya, dalam rating scale responden akan memilih salah satu jawaban kuantitatif yang telah disediakan.

Rating scale lebih fleksibel, tidak saja untuk mengukur sikap tetapi dapat juga digunakan untuk mengukur persepsi responden terhadap fenomena lingkungan, seperti skala untuk mengukur status sosial, ekonomi, pengetahuan, kemampuan, dan lain-lain. Dalam rating scale, yang paling penting adalah kemampuan menterjemahkan alternative jawaban yang dipilih responden.
Contoh :
Kenyamanan ruang tunggu RSU Kartini :
5          4          3          2          1
Kebersihan ruang parkir RSU Kartini :
5          4          3          2          1

5.EKSISTENSI UAN YANG HANYA MENILAI ASPEK KOGNITIF DAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK TERABAIKAN.
            Pendidikan merupakan salah satu sector penting dalam pembangunan disetiap Negara.Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan segala kompetensi yang dimiliki peserta didik melalui proses pembelajaran.Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi anak agar memiliki kekuatan spiritual,keagamaan,pengendalian diri,berkpribadian , memiliki kecerdasaan,serta keterampilan yang diperlukan sebagai anggota masyarakat dan Negara.Informasi tentang tingkat keberhasilan pendidikan akan dapat dilihat apabila alat evaluasi yang digunakan sesuai dan dapat mengukur setiap tujuan.alat ukur yang tidak relavan dapat mengakibatkan hasil pengukuran tidak tepat,bahkan salah sama sekali.UAN merupakan salah satu alat evaluasi yang dikeluarkan pemerintah untuk mengukur tingkat pencapaian pendidikan yang telah ditetapkan.
            Hakikatnya UAN untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa selama rentang semester berjalan menurut saya UAN penting dilakukan tapi,kalau itu sebagai patokan dalam kelulusan siswa menurut saya itu kurang tepat karena bias mengabaikan beberapa hal prinsip termasuk psikomotor apalagi ujian nasional itu disamaratakan diseluruh Indonesia. Karena fasilitas dan kemampuan daerah dan sekolah tidak sama terjadi kesenjangan pendidikan dikota dan desa yang berakibat siswa dikota lebih cepat mendapat informasi dari berbagai media sedangkan berbanding terbalik didesa.UAN hanya berfokus pada aspek kognitif siswa ,sehinggah alat ukur digunakan tidak relevan dikarenakan sangat mengabaikan psikomotorik siswa dimana dalam hal ini penilaian dalam bentuk sikap,prilaku,kelebihan dan kelemahan yang dimiliki siswa merupakan hal penting dalam penilaian UAN. http://yhanisaad.blogspot.com/


           


Next
This is the most recent post.
Previous
This is the last post.

2 komentar: